Mengenal Berbagai Komponen Ekosistem

Komponen Ekosistem
Ekosistem tak lain adalah suatu sistem ekologi yang dibentuk dari interaksi timbal balik yang tak bisa dipisahkan satu salam lain di antara mahluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. Ekosistem pada hakekatnya merupakan gabungan tiap unit biosistem yang kemudian di dalamnya melibatkan hubungan reprositas di antara organisme yang kemudian menjadikan siklus materi terjalin antara arganisme tersebut dengan anorganisme. Mencermati pengertian ekosistem tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwa unsur yang penting di dalamnya tak lain adalah komponen-komponen yang saling terikat satu sama lainnya. Apa saja komponen ekosistem tersebut?

Abiotik Dan Biotik

Secara umum, komponen ekosistem terbagi atas dua kelompok yakni biotik dan juga abiotik. Komponen biotik sendiri merupakan komponen berupa mahluk hidup. Sementara itu komponen abiotik mencakup semua hal di luar mahluk hidup dalam sebuah satuan ekosistem. Meski tak hidup, namun komponen abiotik ini sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari komponen biotik. Apa saja komponen abiotik tersebut, antara lain:

  1. Suhu.
  2. Tanah dan Batu.
  3. Air
  4. Udara
  5. Cahaya
  6. Iklim
Sementara itu komponen biotik mencakup beberapa hal yang dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsi komponen tersebut, maka ia akan dibagi menjadi dua komponen dasar yakni autotrof dan juga komponen heterotrof. Pengertian keduanya adalah sebagai berikut :
  1. Autotrof tak lain adalah istilah yang menunjuk pada mahluk hidup yang bisa membentuk sendiri makanannya sendiri.
  2. Heterotrof sendiri adalah organisme konsumen yang tak bisa membentuk makanannya sendiri sehingga ia mengambil kebutuhan tersebut dari luar dirinya.
Sementara itu jika dilihat dari susunan trofiknya, maka komponen ekosistem biotik dibagi ke dalam 3 kelompok yakni:
  1. Produsen. Secara sederhana diartikan sebagai penghasil makanan. Ia adalah mahluk hidup atau organisme yang menghasilkan makanannya sendiri. Organisme yang tercakup dalam kelompok ini adalah tumbuhan yang memiliki klorofil. Dalam ekosistem darat, tumbuhan sangat diperlukan sebagai sumber makanan mahluk hidup lainnya. Sementara itu dalam ekosistem perairan, organisme dengan klorofil adalah berbagai jenis alga juga fitoplankton.
  2. Komponen ekosistem biotik selanjutnya adalah konsumen. Ia secarasederhana diartikan sebagai pemakai. Kelompok ini mencakup semua organisme yang tak bisa menghasilkan makanan bagi dirinya sendiri sehingga ia harus mendapatkan makanan dari organisme lainnya untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Konsumen ini dibagi ke dalam 3 bagian yakni: konsumen tingkat pertama meliputi semua organisme yang mengkonsumsi zat langsung dari tumbuhan atau disebut herbivora. Konsumen tingkat kedia yakni semua mahluk hidpu yang memperoleh makanan dengan memangsa herbivora tadi atau disebut karnivora. Terakhir adalah konsumen tingkat ketiga yakni mahluk hidup yang memangsa konsumen tingkat kedua.
  3. Pengurai atau decomposer. Merupakan komponen ekosistem biotik yang sangat berperan dalam hal menguraikan bahan-bahan organis yang muasalnya dari mahluk hidup yang telah mati atau juga hasil pembuangan sistem pencernaan mahluk hidpu. Organisme pengurai ini cukup penting sebab ia menjaga stabilitas ekosistem dengan mengurai zat-zat buangan tersebut sehingga diserap oleh tanah dan menjadi unsur hara bagi perkembangan tumbuhan.